Aksi Ribuan Buruh Bekasi Dipusatkan di Kawasan Industri Masing-masing

Bekasi - Buruh di Kabupaten Bekasi menggelar demonstrasi besar-besaran. Tidak ada pusat aksi secara khusus, buruh beraksi di kawasan industri masing-masing.

"Aksi dipusatkan di depan kawasan (industri) masing-masing," kata Baris Silitonga, korlap aksi Buruh Bekasi Bergerak pada detikcom, Jumat (27/1/2012) pukul 09.40 WIB.

Baris yang mengaku "sedang berada di suatu tempat" ini menyatakan, aksi akan diikuti oleh banyak pekerja. "Kira-kira ratusan ribu orang," katanya.

Apakah akan memblokade jalan tol juga? "Kita lihat nanti," jawabnya.

Baris menuturkan, aksi ini akan digelar hingga ada kepastian Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bekasi menjalankan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

Seperti diketahui, berdasarkan SK Gubernur No.561/Kep.1540-Bansos/2011, UMK Bekasi sebesar Rp 1.491.866,-,Upah kelompok II Rp 1.715.645,- dan Kelompok I Rp 1.849.913. SK Gubernur ini digugat oleh Apindo Bekasi dan dikabulkan oleh PTUN di Bandung pada Kamis kemarin.

Sementara itu, konsentrasi massa saat ini berada di kawasan industri EJIP, Hyundai, Jababeka dan Lippo Cikarang. Lalu lintas yang bersinggungan dengan kawasan itu macet. Termasuk jalan tol.

(nrl/vta)
Sumber : detiknews.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.