Warga Aceh Menyelamatkan Diri Ke Tempat Tinggi

ACEH Akibat gempa yang mengguncang Banda Aceh yang diperkirakan akan berpotensi tsunami, masyarakat yang berada di dekat pantai mulai keluar rumah untuk mencari tempat yang lebih aman.


“Sekarang situasinya, sejumlah warga yang tinggal didekat pantai sudah keluar rumah untuk mencari lokasi-lokasi aman, menyusul ada peringatan dini tsunami paska gempa tadi,” Aceh, Rabu (11/1/2012).

Pantauan okezone dilokasi, masyarakat yang juga berada di Banda Aceh juga mulai menyelematkan diri pula. Seperti warga yang berdomisili di Ulee Lhue, Blang Oi, Punge Blang Cut, Punge Jurong, Kampung Lambung dan lainnya sudah meninggalkan rumah mereka.

Warga keluar menggunakan sepeda motor, becak bahkan mobil untuk memboyong keluarganya. Bukan hanya warga di Banda Aceh, warga yang tinggal di pesisir Kabupaten Aceh Besar dan Aceh Jaya dikabarkan juga meninggalkan rumahnya untuk mengungsi ke tempat yang tinggi.

Warga di Banda Aceh dan Aceh Besar lebih memilih menghindar ke kawasan Keutapang, Mata Ie, Kecamatan Darul Imarah dan Blang Bintang, Aceh Besar.

Vera, seorang ibu rumah tangga warga Punge Blang Cut mengatakan dirinya merasa takut setelah melihat ditelevisi terkait imbauan BMKG bahwa gempa berpotensi tsunami dan warga diimbau menjauh dari laut.

“Melihat tetangga sudah pergi smua kami ikut keluar juga,” katanya

Sementara ini warga sudah mengosongkan rumah-rumah yang dekat dengan tepi pantai. Warga tidak banyak membawa bekal saat keluar rumah, kecuali hanya dirinya dan pakaian.

Sementara sirene peringatan dini tsunami hingga sekarang belum berbunyi, namun warga tetap waspada dengan menjauh dari tepi pantai.

Hingga sekarang listrik dan komunikasi masih normal di Banda Aceh dan Aceh Besar.(bah)

(ful)

Sumber : Okezone

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.